Selasa, 07 Mei 2013

Zimbra 8 Projek Membuat Email + random password

Pertengahan bulan Maret 2013, saya mendapatkan telpon dari salah satu instansi pemerintah bahwa harddisk mail server existing mereka jebol, semua data datanya hilang atau corrupt. Jumlah user hingga 1000+ user. Perkiraan waktu perbaikan adalah 1 hari, mereka hanya ada list list user berupa softcopy dan untungnya ada email email pribadi user "gmail,yahoo,live" ada di list tersebut.

Berikut tahapan tahapan yang kita lakukan untuk mempermudah pekerjaan kita sebagai sysadmin dadakan.
untuk tahapannya klik disini berdasarkan kejadian, no 1 dapat diabaikan dimulai dari nomor 2.
  1. Installasi Sistem Operasi, Karena mereka butuh cepat dan adanya hanya DVD sistem operasi Ubuntu 12.04 LTS maka dapat dengan segera di eksekusi. Zimbra memang menyarankan menggunakan Ubuntu 12.04.
  2. Installasi Zimbra Versi 8, untuk cara installnya klik disini
  3. Membuat multiple user dan random password hingga 1000 user, caranya.
  4. Membuat file terlebih dahulu di open office spreadsheet, buat 3 buah kolom isinya ca namaawal.namaakhir@domain.go.id randompassword , untuk nama awal nama akhir dijadikan satu menjadi email caranya dengan menggunakan formula dari openoffice dengan bantuan mbah google. untuk random menggunakan =rand()*999999999 decimal 0, simpan sebagai namatext.txt.
  5. Masuk ke server sebagai login user zimbra, masukkan zmprov < namatext.txt.
  6. Untuk sebar email satu persatu ke email pribadi staf, saya menggunakan mail merge. dan menggunakan database untuk pasang email pribadi, email baru dan password ke setiap user yang ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar