Senin, 13 Mei 2013

Samba 4 Active Directory UBUNTU 12.04 (I)

Samba 4 Active Directory UBUNTU 12.04

Saya lihat ada beberapa teman saya hobi menulis di blog IT, saya tidak mau kalah dengan teman saya tersebut. Saya berusaha menjadi lebih baik dengan menulis di Blog IT, Meskipun masih lihat sana sini dan belum bisa berbuat banyak.
Pada artikel ini, saya akan memberikan konfigurasi secara garis besar membuat Active Directory dengan Samba 4. Saya menggunakan Ubuntu 12.04. Ip Public untuk membuat SAMBA Server ini. Bisa di kondisikan ke IP Private.
Domain name  : samba.xolusi.web.id
IP                   : 122.102.44.166 (ip Hypernet)

Base & Samba 4

Langkah 1: Install Ubuntu 12.04
Langkah 2: Konfigurasi network.. Edit /etc/network/interfaces:
auto lo eth0
iface lo inet loopback
iface eth0 inet static
address 122.102.44.166
netmask 255.255.255.0
gateway 122.102.44.1
dns-nameservers 8.8.8.8
dns-search samba.xolusi.web.id

Langkah 3: Tambahkan host dasar untuk resolv tanpa DNS.
Edit /etc/hosts :

127.0.0.1       localhost
122.102.44.166  domaincontroller domaincontroller.xolusi.web.id
Langkah 4: Instal paket samba 4

apt-get install samba4

  1. nano /var/lib/dpkg/status & cari “Package: samba4″
  2. Ganti“half-configured” dengan“installed”
Sekarang kita akan membangun Domain Active Directory:

rm /etc/samba/smb.conf

/usr/share/samba/setup/provision --realm=samba.xolusi.web.id --domain=xolusi --adminpass='Test123' --server-role=dc
Hal ini akan setup semua yang diperlukan untuk menjalankan sebua Domain (LDAP,Kerberos,...)
Langkah selanjutnya jalankan samba:

initctl start samba4
Langkah 5: Test installasi

apt-get install samba4-clients
smbclient -L localhost -U%

Sharename       Type       Comment

---------       ----       -------
netlogon        Disk
sysvol          Disk
IPC$            IPC        IPC Service


1 komentar:

  1. Pak, saya baru mau blajar nih Samba 4 Active Directory, saya mau tanya bapak install samba 4 nya di ubuntu server atau desktop ? atau 22 nya bisa ?
    Terima kasih

    BalasHapus